Seru! Guru MTsN 1 Palembang Lomba Bakiak

74

Palembang, Inmas.

Tak kalah hebohnya, guru di MTs Negeri 1 kota Palembang pun turut memeriahkan HUT ke-74 tahun 2019 Republik Indonesia. Mereka terlibat dalam perlombaan bakiak. Permainan tradisional ini berlangsung di halaman madrasah pada hari pertama perlombaan, Selasa (13/8).

“Pesertanya bapak-bapak dan ibu-ibu,” kata Adi Daya salah satu juri lomba ini. Kelompok pertama katanya rombongan ibu-ibu. Permainan dimenangkan oleh bagian dari tata usaha. Kemudian dilanjutkan rombongan bapak-bapak.

Guru olahraga tersebut mengatakan, bakiak adalah salah satu permainan tradisional yang hampir terlupakan oleh generasi zaman now. Bakiak sendiri lanjutnya adalah jenis sendal panjang yang alasnya terbuat dari kayu ringan dengan pengikat kaki dari ban karet bekas. Dimainkan oleh 4 orang atau lebih tergantung jumlah pengikatnya.

“Sejenis sendal dengan ukuran panjang dan sepasang. Jadi pemainnya harus mampu menjaga keseimbangan dan kekompakan agar dapat melangkah hingga garis finish,” katanya

Dari pantauan, para peserta terlihat semangat mengikuti lomba ini. Setelah mendengar aba-aba dari wasit, mereka langsung melangkahkan bakiak ke arah depan. Tanpa memikirkan lawan, mereka terus bergerak sampai ke finish. Ada yang hampir terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Peserta yang sampai finish lebih awal terlihat bersorak bahagia karena memenangkan pertandingan. Tapi belum selesai di situ, pemenang dilombakan lagi untuk merebut juara 1, 2 dan 3. Sementara, para penonton yang merupakan siswa bersorak menyemangati guru mereka.

Humas MTsN 1 Palembang Ratno mengatakan, perlombaan dilaksanakan setiap peringatan HUT RI. Selain untuk siswa, ada beberapa lomba diperuntukan bagi guru atau pegawai. Ini katanya, agar semua merasakan momen hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. (Tgh)