Seleksi KSM Tingkat Provinsi Menggunakan Sistem CBT

337

Palembang, Inmas.
Seleksi Kompetisi Sains Madrasah atau KSM tingkat provinsi berlangsung serentak di wilayah masing-masing pada Rabu 25 Juli 2018. Di Sumsel, pelaksanaan dipusatkan di kota Palembang di dua madrasah yaitu MAN 3 Palembang dan MTs Negeri 2 Palembang beralamat di Pakjo. Seleksi KSM menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Based Test (CBT).
“Baru tahun ini menggunakan sistem CBT. Diharapkan pelaksanaan berlangsung transparan dan terpusat,” kata kepala MTs Negeri 1 Palembang Budiman yang juga panitia kegiatan tahunan itu di lokasi kegiatan, Rabu (25/7)
Dikatakan, dari madrasahnya ada empat siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Masing-masing cabang MTK dua orang, IPA dan IPS. Dia berharap ada yang lolos dan masuk ke tingkat nasional.
Dari pantauan, pelaksanaan dimulai pukul 08.00. Peserta hanya memiliki waktu 90 menit untuk menyelesaikan soal. Dimulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah kemudian dilanjutkan tingkat Aliyah. Peserta hanya bisa memulai mengerjakan soal setelah mendapat izin dari pengawas ruang. Ruang dijaga dengan ketat dan tidak sembarang orang diizinkan masuk.
“Iya ketat sekali, mau ambil foto aja susah,” kata pendamping peserta
Menurut salah seorang peserta, waktunya terus berjalan dan otomatis waktu mengerjakan soal terhenti jika waktunya habis. “Harus teliti dan jangan sampe salah kilik. Kalau nge-klik selesai ujian dianggap udah bener-bener selesai ujian dan diakhir bisa melihat skornya sendiri,” kata Mutiara Istiqomah peserta mata pelajaran Fisika tingkat MA
Sementara Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Sumsel H. Khusrin dalam laporannya mengatakan, peserta KSM tingkat provinsi adalah utusan dari MI, MTs dan MA dari kabupaten kota berjumlah 187 orang yang dibiayai oleh DIPA Kanwil Kemenag Sumsel dan 160 orang yang juara 2 dan 3 yang dibiayai oleh satker masing-masing.
“Sehingga jumlah peserta seleksi KSM tingkat provinsi Sumsel adalah 347 orang,” katanya saat pembukaan KSM tingkat provinsi Sumsel di De’Premium hotel jalan Sukarno Hatta, Selasa (24/7)
KSM itu lanjutnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sains madrasah secara komprehensif. Melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas, dan meraih prestasi dalam naungan ridho Allah swt. Dengan cara kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi nilai sportifitas.
Adapun mata pelajaran yang dikompetisikan berdasarkan jenjang pendidikan adalah tingkat MI: Matematika dan IPA. MTs: Matematika, IPA dan IPS. Selanjutnya tingkat MA: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Sehingga total yang peserta yang akan diambil adalah 11 terbaik satu yang otomatis akan diberangkatkan ke tingkat nasional di Bengkulu pada September mendatang. (Teguh)