Selamat Hari Batik Dari Guru MTsN 1 Palembang

20

Palembang, Inmas.

Hari ini, Rabu (2/10) diperingati sebabgai hari batik nasional. Banyak ragam ucapan dan pesan di sampaikan masyarakat Indonesia. Bahkan latar pencarian google juga bermotif batik. Ucapan juga datang dari kalangan guru di MTsN 1 Kota Palembang. Dengan mengenakan corak batik terbaik mereka mengucapkan “Selamat Hari Batik Nasional”.

Salah satu guru mengatakan, batik adalah pakaian nasional dan warisan budaya harus dilestarikan. “Ayo pakai batik. Batik cerminan keberagaman masyarakat Indonesia dan pemersatu,” kata Asnani wakil kesiswaan MTsN 1 Palembang

Menurutnya, bukti batik adalah warisan budaya dan harus dilestarikan adalah dengan menjadikannya seragam wajib bagi pegawai dan pelajar. Kami punya jadwal pakaian batik. Siswa juga punya seragam batik,” katanya

Dilansir dari wikipedia, Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB. Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008.

Pengajuan itu pun membuahkan hasil bagi pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi. Batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO. (Tgh)