PMR MTsN 1 Kota Palembang Terima Penyuluhan APD

21

Palembang, Inmas.

Tenaga kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) kota Palembang Heri Kristha Tani membina anggota Palang Merah Remaja (PMR) MTsN 1 Kota Palembang bertempat di ruang UKS, Jum’at (4/10). Pembinaan bertujuan menyampaikan materi tentang Alat Pelindung Diri (APD). Menurutnya, APD adalah salah satu perlengkapan yang harus dimiliki anggota PMR.

“Jadi satandar dalam pelayanan kesehatan harus ada Alat Pelindung Diri (APD). Salah satu manfaatnya agar tidak tertular penyakit. Antara lain masker, sarung tangan lateks, kaca mata pelindung, baju pelindung dan masih banyak lagi. Kebersihan pelaku penolong juga penting harus mencuci tangan dan membersihkan peralatan,” katanya

Sebagai pelaku pertolongan pertama oleh anggota PMR di sekolah lanjutnya, harus mengenal jenis-jenis APD yang diperlukan. Paling tidak katanya tersedia sarung tangan dan masker. Selain itu, UKS harus menyiapkan peralatan dasar untuk keperluan pasien. SepertiĀ  penutup luka, pembalut, cairan Antiseptik, senter, kapas, selimut, kartu korban, alat tulis, Tensimeter dan Stetoskop dan tandu.

Pada kegiatan tersebut, selain mendengarkan narasumber, peserta juga melakukan praktik. Mereka belajar memberikan pertolongan kepada pasien yang pingsan.

Pembina UKS Nurhayati mengatakan, kegiatan tersebut adalah kegiatan lanjutan. Sebelumnya, anggota PMR telah menerima materi dari puskesmas. Kemudian, mereka secara resmi dilantik oleh wakil wali kota Palembang. “Kali ini mereka mendapat materi tentang ADP. Sebelumnya tentang gizi dan reproduksi kesehatan,” katanya (Tgh)