MTs Negeri 1 Palembang Meriahkan HUT RI ke-73 dengan Beragam Lomba

110

Palembang, Inmas.

Semarak hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 terlihat jelas di MTs Negeri 1 Palembang. Madrasah ini menggelar beragam perlombaan. Ada lomba untuk siswa dan juga guru. Perlombaan mulai berlangsung hari ini, Selasa (14/8). Perlombaan akan berlangsung hingga dua hari kedepan.

“Iya hari ini kami mulai gelar lombanya. Sama yang di Jakabaring juga. Ada yang bersifat akademis, ada juga yang sifatnya permainan. Ini ide dari pengurus Osis bersama para wakil,” kata kepala MTs Negeri 1 Palembang Budiman ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/8)

Dikatakan, kegiatan itu selain mengisi hari ulang tahun kemerdekaan, juga menanamkan nilai-nilai edukasi, kreatifitas dan kebersamaan. “Selain bergembira, ada nilai-nilai edukasinya juga untuk menanamkan rasa nasionalisme terutama untuk siswa,” lanjutnya

Menurut ketua kekgiatan, ada sekitar 15 tangkai lomba. Antara lain futsal, poster, menghias kelas, memasukan paku ke botol, bom bola, paduan suara, senam guru, bakiak, kostum perjuangan.

Sedangkan di Jakabaring lanjutnya, ada lomba sepeda hias dan lambat, rangking 1, futsal, menghias kelas, puisi, fashion show, dan lomba yel-yel.

“Hari ini (Selasa, red) lomba yang digelar futsal, poster, hias kelas, memasukan paku ke botol dan bom bola,” katanya

Dari pantauan, kegiatan berlangsung meriah. Futsal siswa berlangsung di lapangan. Pesertanya kelas 7, 8 dan 9. Para suporter bersorak memberikan dukungan untuk kelasnya. Lomba poster berlangsung di aula. Peserta menggunakan selembar kertas karton putih untuk berlomba. Mereka membawa alat menggambar dan mewarnai sendiri. “Temanya hari kemerdekaan. Mereka menuangkan idenya masing-masing,” kata juri Aripin

Ada perlombaan yang cukup menarik yaitu “bom bola”. Pesertanya para guru. Pada lomba ini, mereka harus bekerjasama dan kompak untuk membawa bola-bola kecil yang berada di atas piring itu dengan tali di bawahnya. “Seru dan tegang kami harus menggiringnya sampai ke finis,” kata salah satu peserta

Selanjutnya, ada lomba memasukan paku dalam botol. Pesertanya para siswa/siswi. Berlangsung di lapangan upacara. Dengan dibantu oleh mahasiswa magang lomba ini berlangsung lancar. Ada lima botol yang tersedia untuk lima penantang. Setelah mendapat aba-aba oleh wakil kesiswaan A. Zikri, para peserta mulai bertanding. 

Kesibukan para siswa juga terlihat di masing-masing kelas karena sedang berlangsung lomba menghias kelas. Para siswa saling bekerjasama menghias kelasnya secantik dan seindah mungkin mengikuti tema kemerdekaan. “Iya ni lagi merias kelas supaya menang,” kata salah satu siswa

Di hari yang sama juga berlangsung perlombaan di Jakabaring. Di sana berlangsung lomba futsal bersarung, puisi dan rangkin 1. Perlombaan berlangsung gembira dan lancar. (Teguh)