Menyiapkan Generasi Hebat Anti Korupsi

Palembang, Inmas.
MTs Negeri 1 Kota Palembang memiliki visi terwujudnya generasi berintelektual yang islami, terampil, berbudaya lingkungan serta siap berkompetisi. Dengan visi ini, siap melahirkan alumni dan generasi yang hebat anti korupsi, yang merupakan poin pertama yakni generasi berintelektual yang islami. Yang maksudnya cerdas namun bertakwa dan beriman kepada Allah swt. Wakil kepala bidang kurikulum Hilayati mengatakan, untuk mewujudkannya melibatkan seluruh peran stakehoder. Guru salah satunya.
“Untuk menyiapkan generasi hebat dan anti korupsi kedepannya tentu dibekali pendidikan dan pembiasaan yang baik sejak dini. Mulai dari lingkungan keluarga dan di sekolah tentu menjadi tanggungjawab kami sebagai pendidik atau guru. Dengan memberikan pembinaan, pengayaan dan pembiasaan baik yang mencerminkan dari pelajaran yang disampaikan di kelas,” katanya ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (19/10)
Guru akidah akhlak kelas 8 dan 9 ini, mengatakan mata pelajaran yang dia ajarkan banyak bersentuhan langsung dengan tingkah laku kehidupan sehari-hari. Seperti belajar tentang akhlak terpuji dan tercela. Oleh karena itu dalam praktiknya, dia memantau keseharian siswa di sekolah apakah sudah menerapkan apa yang diajarkan atau belum. Jika belum, dilakukan kembali pembinaan dan pengayaan. Jika tidak berhasil, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) mengambil fungsi.
Dia mengatakan, MTsN 1 Palembang memiliki ruang BK lengkap dengan gurunya. Dalam program mereka melakukan bimbingan dan penyuluhan menyesuaikan dengan perkembangan saat ini. Langkah-langkah pembentukan karakter pribadi hebat anti korupsi juga dilakukan dengan optimalisasi program keagamaan. Seperti hafalan Alqur’an, shalat berjamaah dan mengaji rutin.
Kepala madrasah Drs. Tugino, M.Pd.I mengatakan, siswa yang mendaftar dan diterima di MTsN 1 Palembang harus siap dididik. Mengikuti aturan yang ditetapkan. Dia menegaskan, MTsN 1 Palembang melalui para pendidik siap memberikan pendidikan terbaik seperi yang diinginkan orang tua. Melalui para guru siswa digembleng menjadi generasi yang berkarakter dan mampu bersaing dengan sekolah lain. “Itu target saya mereka (siswa) berakhlak baik dan mampu bersaing dengan sekolah lain,” katanya beberapa waktu lalu (Tgh)