Foto : Siswa MTsN 1 Palembang Ikuti Kuis Kihajar

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palembang mengutus dua siswa mengikuti kegiatan tersebut. Mereka adalah M. Fauzi Mutaqim dan Rezki Amelia dengan guru pendamping Helmi. Peserta mendapat pengarahan sebelum lomba dimulai. Tercatat ada 25 peserta kuis Kihajar tingkat prov. Sumsel. Terdiri dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Helmi mengatakan, peserta wajib membawa laptop atau smartphone.

“Peserta mendapat pengarahan. Sarana lomba seperti laptop/android dan koneksi internet membawa sendiri. Soalnya online,” kata Helmi di lokasi lomba, Rabu (28/8). Menurutnya, peserta dari madrasahnya dibatasi hanya dua orang. Mereka telah lolos seleksi untuk mewakili madrasah. Helmi berharap, mereka mampu bersaing dan berprestasi.
Kepala madrasah Drs. Tugino, M.Pd.I melepas peserta di ruang kerjanya. Dia berpesan untuk peserta agar optimis. Menurutnya, kata semangat yang harus dipegang adalah “juara”. “Kata motivasinya adalah juara. Jadi kita akan semangat,” katanya. Kemudian lanjutnya, dalam kompetisi harus mengedepankan prinsip jujur. Menang kalah katanya adalah hal biasa dalam kompetisi.

Dikutip dari laman http://kihajar.kemdikbud.go.id/, Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan ajang kompetisi untuk peserta didik SD/SMP/SMA/SMK (Sederajat) di seluruh tanah air dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Kuis Kihajar merupakan salah satu wahana untuk menyosialisasikan pemanfaatan siaran TV Edukasi, Suara Edukasi, Streaming dan Video on Demand. (Tgh)