Buka Matsama, Kepala MTsN.1 Palembang: Kalian harus punya cita-cita

Palembang, Inmas.
Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang Budiman membuka kegiatan masa taaruf siswa madrasah atau disingkat Matsama siswa baru MTs Negeri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019 di halaman madrasah, Selasa (17/7). Kegiatan akan berlangsung selama dua hari kedepan.
Dalam arahannya, dia menekankan para siswa untuk bersunggung-sungguh dalam menuntut ilmu. Menurutnya, dengan semangat dan sungguh-sungguh maka akan berhasil dalam menggapai cita-cita. Siswa lanjutnya harus punya cita-cita sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.
“Orang yang ga punya cita-cita itu ibarat “mayat atau kerangka” ga ada gerak. Kemana orang mengarahkan dia (kerangka) ikut. Oleh karena itu penting bagi kalian punya cita-cita,” pesannya
Apapun cita-citanya lanjutnya, harus dikejar dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh. Karena hanya dengan semangat dan motivasi yang tinggi keinginan itu tercapai. Disamping itu harus diikuti dengan ibadah dan budi pekerti yang baik.
“Kami do’akan kedepan kalian sukses dan berakhlak mulia,” harapnya
Masih kata kepala madrasah, kegiatan yang nama lainya MOS itu bertujuan membentuk karakter siswa. Selama dua hari, mereka mendapat banyak ilmu pengetahuan melalui para pengajarnya. Panitia katanya telah menyiapkan banyak materi yang edukatif dan menyenangkan.
“Itu sesuai dengan tema kita. Jadi, Matsama ini bukanlah ajang peloncohan dan sejenisnya. Tapi untuk pengenalan dan pembentukan karakter awal sebelum memulai pelajaran di kelas. Ikutilah dengan penuh tanggung jawab,” imbuhnya
Sementara, ketua Matsama Helmi menjelaskan kegiatan diisi dengan pemberian materi. Para siswa akan mennerimanya dari para guru yang berkompeten di bidangnya. Ada juga game yang akan menghibur para peserta.
“Selama dua hari ini para peserta mengenakan pakaian olahraga. Mulai dari jam 07.00 sampai 13.00. Ada istirahat, solat dan makan. Mereka kami bagi dalam enam kelompok belajar,” jelasnya
Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh kepala madrasah didampingi para panitia. Selama Matsama, peserta juga dikawal para anggota Organisasi Intra Madrasah (OSIM) dan Pramuka. (Teguh)