80 Tenaga Pendidik MTsN 1 Palembang Disupervisi

73

Palembang, Inmas.

Tenaga Pendidik (guru) di lingkungan MTsN 1 Kota Palembang berjumlah 80 orang mengikuti supervisi kelas semester satu. Kegiatan ini dilaksanakan dari 7 – 19 Oktober 2019 di lokal masing-masing. Kepala madrasah Drs. Tugino, M.Pd.I mengatakan, supervisi adalah salah satu program kerja kepala madrasah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Secara umum supervisi kelas atau akademik bbertujuan membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran yang didisain untuk para murid. Kedua, untuk memonitor proses pembelajaran,” katanya di MTsNĀ  1 Palembang, Senin (7/10).

Dia berharap, melalui kegiatan supervisi ini kualitas guru nantinya semakin meningkat. Karena, pada prosesnya terjadi penilaian yang dilakukan oleh para supervisor mengenai kekurangan dan kelebihan dari guru yang disupervisi. Kemudian dikomunikasikan kepada guru yang bersangkutan sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil supervisi.

Wakil kepala bidang Kurikulum Hilayati, M.Pd mengatakan, jadwal supervisi telah disusun dan disampaikan kepada seluruh guru. Dia berharap, mereka dapat mengikutinya demi kelancaran kegiatan kegiatan tersebut. Adapun supervisor berasal dari internal madrasah meliputi kepala, dan para wakil.

Selanjutnya, untuk rincian jumlah peserta supervisi meliputi 10 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, 8 guru PKn, 9 guru IPA, 3 guru Alqur’an Hadits, 3 guru Akidah Akhlak, 6 guru Matematika, 3 guru SKI, 6 guru IPS, 1 orang guru Fikih, 7 guru Bahasa Inggris, 6 guru Bahasa Arab, 3 guru Prakarya, 4 guru Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), 5 guru Penjaskes, dan 4 guru Muatan Lokal (Mulok).

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar sesuai jadwal yang ditetapkan,” harapnya

Dari pantauan, hari pertama supervisi berjalan lancar. Kegiatan berlangsung di lokal Pahlawan dan Jakabaring. Supervisor sesuai jadwal yang ditetapkan melakukan penilaian dengan mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru. (Tgh)